Apa itu Mata Uang Digital Ripple XRP? - Ekonomi dan Bisnis

Kamis, 18 Januari 2018

Apa itu Mata Uang Digital Ripple XRP?

 
 
Ripple adalah nama mata uang digital yang serupa dengan Bitcoin, sekaligus nama sistem pembayaran global yang terhubung dengan berbagai mata uang di dunia. Satuan mata uang yang keluar dari teknologi Ripple, dikenal dengan nama XRP. Teknologi ini memudahkan para pengusaha, perusahaan, dan masyarakat dunia untuk mengirim, menerima, menjual atau membeli berbagai mata uang tanpa harus lagi khawatir dengan biaya transaksi yang mahal atau waktu delay yang lama.

Seperti Bitcoin, XRP milik Ripple juga merupakan mata uang digital yang berdasar pada formula matematika dan memiliki suplai coin terbatas. Selain sama-sama dijaga oleh keamanan tingkat tinggi, cara kerja kedua mata uang digital ini pun sama, yaitu peer-to-peer tanpa mengandalkan pihak ketiga. Oleh karena itu, pengiriman uang bisa dilakukan dengan biaya transaksi yang sangat kecil dan cepat. inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat.

Terdapat sedikit perbedaan antara Bitcoin dan Ripple. Teknologi Bitcoin hanya mendukung pengiriman Bitcoin antar sesama pengguna. Jika Anda ingin menguangkan Bitcoin ke mata uang lokal negara Anda, maka Anda harus mencari exchange atau Bitcoin user lain yang mau menukarkan Bitcoin Anda ke mata uang lokal. Jika Anda menggunakan Ripple, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat untuk menjual mata uang digital Anda karena teknologi Ripple memfasilitasi pertukaran XRP dengan berbagai mata uang di dunia, termasuk Bitcoin.

Selain memiliki teknologi dan jaringan yang men-support berbagai mata uang negara di dunia, Ripple juga memiliki misi untuk merobohkan dinding-dinding yang membatasi pembayaran dalam dunia finansial. Seseorang yang menggunakan PayPal, misalnya, hanya bisa mengirim uang kepada sesama pengguna PayPal atau berbelanja di situs-situs yang telah bekerjasama dengan PayPal. Hal yang sama terjadi dimana pengguna MasterCard hanya bisa berbelanja di toko-toko yang memiliki mesin EDC MasterCard. Setiap sistem pembayaran yang ada, pasti diciptakan dan bekerja dengan caranya sendiri sehingga antara satu sistem dengan sistem lain tidak bisa dihubungkan secara langsung. Seseorang yang menerima pembayaran dalam Bitcoin, tidak bisa menerima pembayaran dengan Credit Card tanpa mesin EDC. Sebaliknya, merchant dengan mesin EDC tidak bisa menerima Bitcoin jika mereka tidak mempunyai wallet Bitcoin. Ripple hadir untuk memperbaiki situasi seperti ini.

Kini bank-bank besar dunia seperti Fidor Bank, GSR Markets dan Saldo.mx sudah berintegrasi dengan teknologi Ripple untuk memudahkan proses pengiriman uang antarnegara atau remittance, serta memudahkan para pengusaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Meskipun market cap Ripple belum sebesar Bitcoin, tetapi Ripple sudah menduduki posisi kedua setelah Bitcoin dalam jajaran seluruh mata uang digital yang ada di dunia.

Jika Anda tertarik untuk memiliki Ripple, Anda bisa menukarkannya dengan Bitcoin tanpa membayar biaya transaksi sedikitpun di www.bitcoin.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar