Oscar Darmawan & Menteri Perdagangan Bahas Mata Uang Virtual. Ingin Dilegalkan? - Ekonomi dan Bisnis

Kamis, 18 Januari 2018

Oscar Darmawan & Menteri Perdagangan Bahas Mata Uang Virtual. Ingin Dilegalkan?


Bank Indonesia (BI) kembali dengan tegas melarang penggunaan bitcoin dalam setiap transaksi di Indonesia. Salah satu faktor yaitu tingginya fluktuasi yang dimiliki bitcoin.

Hal ini kemudian membuat Bank Indonesia menyisipkan penegasan mengenai pelarangan penggunaan bitcoin ini dalam dua Peraturan Bank Indonesia, yaitu PBI 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran dan dalam PBI 19/12/PBI/2017​ tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial. Direktur Eksekutif Pusat Program Transformasi Bank Indonesia (PPTBI) Onny Widjanarko membuktikan risiko bitcoin tersebut.

"Risiko secara konvertibilitas itu tidak ada jaminan ditukarkan dengan fiat money, apalagi dengan volatilitas harga yang tinggi," kata Onny di Gedung Bank Indonesia, Senin (15/1/2018).

Akibat peringatan ini, Bitcoin merosot tajam dari harga  ke harga Rp125juta per kepingnya dari harga sebelumnya 210juta per kepingnya.

Usai pelarangan tersebut, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita melakukan pertemuan dengan Founder VIP Bitcoin Oscar Darmawan di Gedung Kementerian Perdagangan pada hari Jumat, tanggal 19 Januari 2018. Oscar Darmawan sebagai Founder VIP menyampaikan terimakasih kasih telah menerima dan mau mendengarkan pembahasan seputar mata uang digital (virtual) dan manfaatnya bagi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar