Apa itu Ethereum (ETH)? - Ekonomi dan Bisnis

Apa itu Ethereum (ETH)?


Ethereum sebenarnya sangat mirip dengan Bitcoin. Ethereum adalah jaringan peer-to-peer publik atau blockchain dengan mata uang digitalnya sendiri yang disebut Ether. Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 dan tujuan Ethereum adalah untuk menjadi platform dimana smart contracts dapat diciptakan dan dijalankan.

Tujuan Ethereum adalah untuk menjadi komputer dunia. Bitcoin lebih ditujukan untuk menyimpan daftar saldo dan transaksi di blockchainnya, sementara blockchain Ethereum dirancang untuk menyimpan berbagai jenis data. Data ini bisa diakses dan digunakan oleh program-program komputer yang berjalan di blockchain Ethereum. Program-program ini disebut aplikasi terdesentralisasi, atau dapps.

Pengembang di seluruh dunia dapat membangun dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi pada blockchain Ethereum. Tujuannya adalah untuk memperbaiki industri keuangan, penyimpanan informasi pribadi, tata kelola dengan berbagai kegunaan lainnya dengan menggunakan sifat transparan blockchain.

Ethereum pertama kali diciptakan oleh Vitalik Buterin, yang sebelumnya bekerja di Bitcoin Magazine – sebuah media terkemuka di-antara pecinta cryptocurrency. Dana project Ethereum didapatkan dari sebuah crowdsale yang menjual saham berbentuk Ether. Proses ini juga disebut dengan nama ICO (Initial Coin Offering). Mirip dengan IPO (Initial Publick Offering) tetapi ICO menyebarkan / menjual digital currency yang berfungsi seperti saham perusahaan.

Jika anda berada di Indonesia, anda bisa membeli Ethereum / Ether di website Bitcoin.co.id. Terlebih dahulu anda harus:

  • Membuat akun.
  • Memverifikasi email dan identitas anda.
  • Transfer uang Rupiah anda ke platform mereka.
  • Setelah anda melewati langkah-langkah tersebut diatas, ikuti petunjuk berikut:
  • Navigasi ke "Spot Market".
  • Klik trading pair "ETH/IDR" di dalam tabel "IDR Markets".
  • Isi berapa Rupiah yang anda ingin gunakan untuk membeli Ethereum di bagian "Buy Ethereum".
  • Ikuti langkah selanjutnya untuk mengkonfirmasi pembelian anda.
  • Jika anda telah memiliki cryptocurrency lain seperti Bitcoin (BTC) dan sebagainya, anda bisa langsung menukarkannya dengan Ethereum (ETH) di website Changelly.com.
  • Jika anda berada di Amerika, Kanada, Eropa, Australia atau di Singapura, anda bisa membeli Ethereum / Ether di website Coinbase. Beli dengan link ini untuk mendapatkan bonus US$10 dalam bentuk Bitcoin, jika anda membeli cryptocurrency senilai US$100 atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...