Apa itu Stellar Lumens (XLM)? - Ekonomi dan Bisnis

Apa itu Stellar Lumens (XLM)?


Sebelum kita membahas apa itu Stellar Lumens, mungkin beberapa pembaca disini sudah ada yang tahu tentang koin stellar yang dulu sempat booming karena membagikan hadiah 100 miliars Stellar, dan hasilnya pada panen bitcoin/rupiah dari stellar koin. Nah kali ini Stellar kembali bangkit dengan mengupdate nama koin Stellar menjadi Lumen koin atau XLM.

Stellar adalah sebuah platform terbuka atau network yang menghubungkan sistem pembayaran dengan pengguna yang diintegrasikan untuk mengtransfer dengan cepat, handal dan hampir tanpa biaya. Seperti yang pernah kita tahu, Stellar merupakan fenomena luar biasa hebat pada saat rilis pertama kali pada tahun 2014. Stellar ini merupakan salah satu cryptocurrency yang banyak peminatnya.

Stellar Network meningkatkan sistemnya dan menghasilkan cryptocurrency baru bernama LUMENS atau disingkat XLM, yang mana sebelumnya adalah STELLAR atau disingkat STR. Lumens adalah aset asli jaringan Stellar. Asli berarti lumens dibangun ke dalam jaringan. Aset adalah bagaimana jaringan mengacu pada item nilai yang tersimpan di buku besar. Satu lumen adalah unit mata uang digital, seperti bitcoin.

Kenapa STELLAR harus upgrade ke LUMENS ?
Pada tahun 2014 jaringan Stellar diluncurkan dengan 100 miliar Stellar, nama asli dari aset asli jaringan. Pada tahun 2015, dengan diluncurkannya jaringan yang diupgrade, nama aset asli berubah dari Stellar ke Lumens untuk membedakannya dari : 1) jaringan Stellar itu sendiri dan 2) Stellar.org, organisasi nirlaba yang berkontribusi terhadap pengembangan jaringan. Lumens merupakan product dari Stellar Development program yang Developernya berjumlah ribuan karena sifatnya open source. Singkatnya, Lumens lebih aman dari spam karena teknologinya yang terus diupgrade.

Seperti yang pernah kita tahu, stellar merupakan fenomena luar biasa hebat pada saat rilis pertama kali pada tahun 2014. Stellar ini merupakan salah satu cryptocurrency yang banyak melahirkan peminat altcoin dan bitcoin.

Puncak paling tinggi exchange rate stellar adalah di angka 0,00003295 BTC/STR (per 28/08/2015). Saat itu, 'nuyul' merupakan salah satu cara untuk mendapatkan STR atau stellar. satu kali registrasi, 8500 STR akan didapat dengan rate awal 0,00000125 (per 3/12/2014). Memang saat itu, banyak yang langsung exchange ke bitcoin (termasuk saya). Hingga akhirnya saya berhasil mengantongi Rp. 2.300.000 (sekitar 125000 STR dengan 6.000.000/btc) dari hasil nuyul stellar ini.

Namun seiring waktu, seperti yang sudah saya katakan di atas, ratenya tumbuh pesat dan tinggi yaitu 0,00003295. Silahkan di bayangkan, berapa yang saya dapat jika saya sabar menabung STR saya dan menukarkannya pada rate yang tertinggi. Namun memang, setelah kuarter akhir tersebut ratenya turun dan memaksa Stellar Network meningkatkan sistemnya dan menghasilkan currency baru bernama LUMENS atau disingkat XLM.

Hal ini pastinya sangat membuktikan dedikasi dan integritas tim stellar network dalam menjalankan cryptocurrency ini. Dan pastinya nggak akan mengecewakan seperti cryptocurrency abal abal yang lainnya. Pendapatan yang bisa di dapat dengan cara 'gratisan' pun sangat mudah dilakukan, dan pastinya worth to try.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...