10 Bisnis Keluarga (Bisnis Rumah Tangga) - Ekonomi dan Bisnis

10 Bisnis Keluarga (Bisnis Rumah Tangga)


Masalah pengangguran bukan lagi menjadi masalah biasa lagi di Indonesia. Tingkat pengangguran yang tinggi cukup membuat pemerintah kewalahan. Selain menambah lapangan kerja, pemerintah juga menganjurkan kepada masyarakat untuk berwirausaha.

"Berwirausaha adalah salah satu alternatif pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Kesempatan kerja yang terbatas menyebabkan terjadinya kompetisi antara pencari kerja." ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Muhaimin Iskandar, dalam pidatonya dalam acara penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Yayasan Matsushita Gobel, Sabtu (26/2).

Namun sayangnya, hanya 5 persen saja dari jumlah angkatan kerja yang berminat untuk melakukan wirausaha. Sisanya lebih memilih untuk menjadi karyawan atau pegawai yang bekerja dengan mendapatkan gaji atau upah. Jumlah ini merupakan hasil sensus Ketenagakerjaan Nasional yang dilaksanakan pada 2007.

Diperlukan ide inspirasi untuk mendukung pemerintah untuk mendorong masyarakat Indonesia agar berani berbisnis dan tidak hanya mengandalkan pemerintah untuk tetap menyediakan lapangan kerja. Berikut bisnis yang cocok buat anda sebagai pemula dan tidak ingin jauh dari rumah;

1. Jualan pulsa, token listrik, dan kuota internet.
Sebagai pemula dalam dunia wirausaha, bisnin ini yang paling cocok buat anda. Anda tidak perlu mengeluarkan usaha yang lebih mencari konsumen usaha anda, itu karena konsumen anda adalah orang-orang disekitar anda. Teman bermain, teman sekolah, tetangga adalah konsumen dari bisnis ini. Terlebih anda juga tidak perlu kuatir pada produk yang anda jual, itu karena masa berlaku penjualan produknya tidak ada, alias no expired.

2. Buka warung di depan rumah.
Sama halnya dengan bisnis sebelumnya, segmentasi ataupun konsumen dari produk yang anda jual tidak jauh dari lingkungan tempat tinggal anda. Buka warung di depan rumah sangat menguntungkan, selain tidak perlu membayar biaya sewa tempat berjualan, anda juga dapat lebih sering bertemu keluarga. Beberapa produk yang cocok dijual dalam bisnis ini diantaranya, jual gorengan, sayur-mayur, makanan ringan (snack), dan rumah makan.

3. Jualan online (pakai modal dan tanpa modal).
Berbisnis di dunia online menjadi salah satu bisnis yang paling banyak diminati anak muda. Ya, selain karena anda dapat menjangkau segmentasi yang lebih luas dan banyak, anda juga tidak dikuatirkan dengan biaya sewa tokoh bisnis anda. Berjualan online sebenarnya tidaklah sulit dan terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai pemula agar Anda dapat berjualan dengan sukses.
Untuk penjelasan lebih detail terkait bisnis ini, anda dapat mengunjungi artikel berikut,

4. Usaha laundry
Untuk anda yang tinggal di daerah kost-kostan dan kampus, bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang cocok buat anda. Selain traget konsumennya yang besar, jasa laundry juga di butuhkan secara rutin, bahkan hingga setiap hari. Tingkat kesulitan menjalankannya pun terbilang sederhana sehingga bisa di pilih sebagai peluang usaha untuk pemula. Anda cukup membeli mesin cuci atau dapat menggunakan mesin cuci rumah sebagai modal utama.
Kuncinya adalah lokasi laundry yang harus strategis dan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya, maka usaha ini pun akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

5. Bisnis fotocopy
Lagi-lagi kampus menjadi lokasi terdekat yang sangat direkomendasikan untuk berwirausaha.
Selain jualan pulsa dan buka jasa laundry, ternyata buka usaha fotocopy dan toko alat tulis berpeluang besar menjadikan anda sukses dalam hal finansial.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kampus ibarat partner bisnis anda. Anda tidak perlu mengeluarkan usaha lebih untuk mencari pelanggan anda.

Cara menjalankannya yang mudah serta target konsumennya yang potensial di sekitar wilayah yang tadi di sebut, mambuat usaha ini sangat cocok di jalankan bahkan untuk pemula. Modal sedikit tidak jadi masalah, saat ini mesin fotocopy memang berharga cukup mahal, namun ada jalan lain untuk memilikinya yaitu dengan menyewa. Keuntungannya selain modal yang kita keluarkan menjadi tidak begitu besar, pemeliharaan mesin juga bukan menjadi tanggung jawab kita.

6. Usaha rental PS dan warnet (warung internet).
Cukup menggiurkan melihat usaha rental PS dan warnet ini yang sudah mampu berjalan dan menghasilkan. Bagaimana tidak, pemilik cukup membuka tempat usahanya bahkan tidak sedikit yang menjalankannya di rumah saja, lalu konsumen pun berdatangan dengan sendirinya.

Sepertinya menjalankan usaha ini tidak ada yang harus dikerjakan lagi setelah menyediakan tempat dan juga perangkatnya, kita hanya tinggal menunggu dan rupiah pun akan terus mengalir kekantong kita.
Berminat menjalankannya, persiapkan sejumlah modal dan juga tempat di wilayah yang banyak di kelilingi perumahan di sekitarnya. Pilih juga perangkat PS yang digemari seperti PS 3 dan warnet khusus game.

7. Menjadi Penulis Lepas
Jika Anda punya minat dan kemampuan menulis artikel, baik itu artikel narasi, tutorial, maupun informasi/berita, Anda bisa menyalurkannya sebagai penulis artikel blog/website.

Profesi ini menawarkan penghasilann yang menjanjikan loh. Ada beberapa media online yang butuh penulis artikel secara konsistem. Inilah peluang yang bsia dimanfaatkan oleh para penulis artikel untuk mendapatkan uang dari hobi menulis.

8. Menjadi Penerjemah.
Bagi Anda yang memiliki kemampuan baik dalam berbahasa asing, ada banyak peluang untuk membisniskan kemampuan Anda di bidang penerjemahan. Akan lebih menguntungkan jika kemampuan bahasa Anda jarnag dikuasai banyak orang.

Misalnya bahasa Rusia, bahasa Turki, bahasa Swedia dan lainnya. Untuk memasarkannya, Anda bisa melakukan promosi secara online melalui berbagai marketplace online yang ramai.

9. Buka Spa Unik di Rumah
Jika Anda memiliki perhatian khusus terhadap perawatan tubuh dan juga memiliki kemampuan di dalam melakukan pelayanan spa, tidak ada salahnya Anda memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Tidak perlu besar dan mewah, Anda dapat membuat sebuah perawatan atau spa rumahan yang unik. Untuk menarik calon pelanggan, pasang harga yang lebih terjangkau dibandingkan salon-salon kecantikan sekitar rumah.

Pilih sebuah konsep yang unik bagi spa rumahan Anda. Misalnya: spa dengan bahan-bahan yang terbuat dari buah-buahan lokal segar, spa dengan satu bahan tertentu saja (greentea atau kopi), spa lumpur Laut Mati, dan sebagainya.

10. Bermain saham

Sekarang anda dapat berinvestasi ataupun bermain saham melalui hp. Artinya tanpa harus meninggalkan rumah, anda bisa mendapatkan profit dalam waktu singkat.
Namun, sebelum masuk ke dalam bisnis jual beli saham, kita harus pelajari terlebih dahulu metode jual belinya. Sebenarnya bisnis jual beli saham bukanlah bisnis yang sederhana, tapi juga tidak rumit karena bisa dipelajari semua orang.

Karena itu sangat disarankan sebelum terjun, pelajari dulu bisnis ini terutama dari risiko-risiko dan keuntungannya. Anda juga dapat mempelajari bermain saham seperti trading mata uang virtual, bermain reksadana, forex, ataupun jual beli logam mulia (emas antam). Untuk bermain mata uang virtual (bitcoin), anda dapat mengunjungi Cara Bermain Mata Uang Virtual (Crypto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...