8 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Desa (Kampung) - Ekonomi dan Bisnis

8 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Desa (Kampung)

Kebanyakan orang selalu beranggapan bahwa kota adalah satu-satunya sumber kekayaan. Sebagian besar mahasiswa berbondong-bondong berangkat ke kota setelah menamatkan wisudanya. Begitulah yang teman-temanku lakukan sekarang ini di Jakarta, termasuk saya. Alhasil, status pengangguran terus menerus saya sandang hingga artikel ini selesai ditulis, pun begitu dengan beberapa teman kuliah saya. Memang beberapa diantaranya sudah mendapatkan pekerjaannya, setelah sebelumnya harus menunggu hingga 6 bulan hingga 8 bulan.

Keputusan saya untuk merantau ke luar desa (kota) sebenarnya bukan hanya didasari keinginan diri sendiri mencari sumber penghidupan, namun lebih kepada kebiasaan suku saya, kebetulan saya terlahir di Suku Batak, yaitu merantau.

Merantau itu seperti budaya (kebiasaan) orang Batak atau bisa dikatakan "prinsip dari Suku Batak". Bukan karena Jakarta adalah kota dan saya kunjungi, daerah manapun akan dikunjungi orang Batak. Maka tidak heran, suku Batak ada dimana-mana. Mari kembali ke laptop, eh maksud saya kembali ke topik awal hehe, biar tidak terlalu melebar kemana-mana.


Sudah 2 bulan saya dan teman kuliah (teman sekamar) tinggal di Jakarta ini, namun belum juga menemukan pekerjaan. Kebetulan aku dan teman sekamarku adalah rombongan kedua yang datang ke Jakarta, setelah sebelumnya rombongan pertama sudah terlebih dahulu (8 bulan lalu) berangkat ke Jakarta karena lebih dulu wisuda.

Rasa jenuh mulai menghampiriku karena status pengangguran yang saya sandang saat ini. Status pengangguran adalah pilihan terbaik jika dibandingkan dengan status mahasiswa semester akhir saat itu. Kini status itu mulai membebani, bahkan sebaliknya, status mahasiswa semester akhir adalah pilihan terbaik jika dibandingkan dengan pilihan untuk menyandang status pengangguran.

Melamun, tidur, dan browsingan adalah aktivitas yang lazim dan sering saya lakukan saat ini. Tanpa sengaja saya menuliskan kata kunci (keyword) 'desa' di Google Pencarian menu berita. Program pemerintah terkait dana desa menjadi berita paling populer di google saat ini. Artinya, pemerintah saat ini sedang giat-giatnya membangun desa. Lalu kata kunci selanjutnya  yang terpikir di kepalai saya adalah 'Wirausaha'. Entah mengapa saya ingin sekali menulis artikel terkait wirausaha di desa yang menjanjikan. Mungkin pemikiran itu lahir didasari karena untuk mendukung program pemerintah dalam membangun desa dengan program andalannya 'dana desa'.

Berikut ini merupakan beberapa wirausaha yang  cocok dijadikan sebagai peluang usaha yang bisa kita kerjakan di desa. Ide ini lahir ditujukan untuk mendukung masyarakat desa, agar tidak terjadi jarak yang begitu jauh antara desa dan kota. Langsung aja, cekidot.

1. Jualan BBM eceran (Pertamini)
Sering kali ketika kita ke desa, sangat sulit untuk menemukan pom bensin. Beberapa survei mengatakan, bahwa terjadi peningkatan kendaraan bermotor di desa. Nah, anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka pom bensin mini. Apalagi, peluang ini terbilang cukup bagus untuk dikembangkan pada wilayah desa yang mulai maju.

2. Ternak ayam atau telur ayam
Selain ikan sebagai lauk utama masyarakat Indonesia ketika makan, ayam juga termasuk diantaranya. Ayam tidak perlu diragukan lagi untuk dijadikan sebagai teman nasi, selain karena proteinnya tinggi,  daging ayam juga rendah lemak. Pun begitu dengan telur ayam, sangat cocok dijadikan sebagai pengganti ikan. Telur mengandung protein, nutrisi, omega dan HDL jenis kolesterol yang baik buat tubuh. Apalagi, telur sering dikonsumsi masyarakat desa sebagai puding dan untuk pembentukan otot. Peluang bisnis ini sangat cocok buat anda yang tinggal di desa.

3. Ternak lele
Sama dengan yang sebelumnya, bisnis ternak lele juga termasuk peluang usaha yang sangat menjanjikan. Secara geografis, ternak lele hanya cocok dilakukan di desa, bukan di kota. Apalagi lele sangat sangat mudah beradaptasi dengan air tawar yang ada di desa.

4. Jualan pupuk dan bibit
Untuk anda yang tinggal di desa wilayah pertanian, maka bisnis ini termasuk peluang usaha yang sangat menjanjikan.
Setiap warga yang fokus bekerja di pertanian, sudah semestinya membutuhkan pupuk dan bibit.

5. Usaha kerajinan tangan
 Kutipan yang diperoleh dari acara Inacraft 2017 mengatakan ekspor kerajinan tangan dari negara Indonesia meningkat hingga 1.35%. Sementara pasar Indonesia hanya mampu memenuhi 1.41% saja.

Tak peduli jika kita tinggal di desa atau kampung. Kita tetap bisa memasang target pasar nasional bahkan internasional.
Peluang usaha industri kreatif seperti kerajinan bisa dikatakan sangat menjanjikan. Apalagi bagi Anda yang memiliki keterampilan khusus dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan.

Sekarang ini, banyak sekali contoh industri kerajinan tangan yang bisa kita temukan seperti, kerajinan dari bahan bekas, tas dari daun, berbagai hiasan untuk rumah tangga, patung/pahat, kerajinan alat musik, dan masih banyak lagi.

6. Buka warung sembako
Membuka warung sembako di depan rumah termasuk peluang usaha yang sangat menjanjikan. Hal itu didasari temuan sangat jarangnya ditemukan warung di desa yang menjual sembilan bahan pokok. Sudah banyak survei mengatakan bahwa penghasilan warung sembako lebih tinggi dari pegawai negeri sipil (PNS), bahkan 2 kali lebih tinggi.

7. Berkebun pisang, jagung, singkong ataupun cabai
Berkebun adalah salah satu peluang usaha yang sangat-sangat menjanjikan buat anda yang tinggal di desa. Selain karena di desa memiliki lokasi yang luas, anda juga tidak perlu mengeluarkan usaha yang ekstra mencari tanah yang subur seperti yang masyarakat kota lakukan ketika menekuni bisnis ini. 

Berdasarkan saran dari beberapa pebisnis yang fokus di bidang perkebunan, ada baiknya anda fokus diperkebunan cabai. Harga cabai yang semakin hari semakin mahal apalagi pada hari-hari besar, mendasarinya.

8. Usaha potong rambut
Salah satu jenis usaha yang sangat prospek dan menjanjikan adalah membuka usaha usaha pangkas rambut (barbershop). Jenis bisnis ini tidak memerlukan modal besar. Dengan modal kecil pun bisa jalan dengan membuka usaha potong rambut secara rumahan maupun keliling menggunakan sepeda motor. Walaupun dengan modal minim, keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. Atas kenyataan itulah, kini sangat mudah dijumpai gerai usaha potong rambut di sepanjang jalan raya.

Asumsinya, anda dapat menghasilkan Rp10.000-Rp12.000 perorang (tergantung umur). Jika anda sudah mahir anda dapat memangkas rambut 4-5 orang per jam. Peluang yang sangat menjanjikan bukan.

Demikian beberapa peluang usaha yang dapat dicoba jika tempat tinggal anda berada di desa. Pada akhirnya, saya sebagai penulis juga akan terjun seperti anda berwirausaha di desa. 

Sebelum mengakhiri tulisan saya, perlu anda tau, bahwa berbisnis tidak cukup hanya modal mental dan niat. Buat anda yang betul-betul ingin menekuni bidang ini, perlu anda ketahui, diperlukan beberapa strategi pemasaran untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, yaitu bangkrut. Strategi pemasaran dapat anda pelajari pada artikel berikut ini (Strategi Pemasaran Wirausaha Pemula).
Anda dapat menggunakan kolom komentar sebagai wadah diskusi (kritik, saran, ataupun sekedar bertanya). Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan #SalamProfit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...