Cara Menghasilkan Uang Dari Blog - Ekonomi dan Bisnis

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Haii sobat, jumpa lagi di artikel terbaru saya. Kali ini saya ini ingin membahas hal yang sebenarnya sudah sering ditanyakan beberapa blogger bahkan boleh dikatakan sudah basi. Namun masih saja  beberapa blogger menanyakan hal ini, hingga mencarinya di Google Pencarian, mungkin salah satunya adalah yang sedang membaca artikel ini, ya kamu. Hehehe..

Artikel kali ini akan secara khusus saya tulis secara detail tentang bagaimana mendapatkan ataupun menghasilkan uang dari blog. Sebelumnya, perlu saya sampaikan, bahwa tulisan ini termasuk postingan yang sangat panjang dan detail. Saya sarankan agar menyiapkan waktu, Snack, minuman dan kalau bisa artikel ini di bookmark agar tidak hilang.

Terus terang, saya mulai mengenal dunia maya sejak 10 tahun lalu, kemudian mengenal dunia blog sejak 8 tahun yang lalu, dan mengenal dunia google Adsense sejak 3 tahun lalu. Saya mulai fokus menulis di blog sejak 4 tahun lalu. Tulisan murni pertama saya, dituliskan di blog pribadi saya binsarhalomoansitumorang.blogspot.com (sekarang sudah saya hapus). Saat itu saya menuliskan artikel ilmiah bertema 'Subsidi BBM untuk Siapa: Apa Kata Undang-undang dan Apa Katamu'. Tulisan ini sengaja saya buat untuk mengikuti lomba blog dari www.darwinsaleh.com. Saat ini artikel tulisan saya itu sudah saya hapus di blog pribadi saya namun masih membekas dan dimuat di website Darwin Saleh. Kawan-kawan boleh melihatnya disini.


Postingan ini sebenarnya sudah sejak lama ingin saya tuliskan, namun beberapa kendala yang tidak dapat saya sampaikan disini menghambat niat untuk menuliskannya. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, saya mengenal dunia adsense sejak 3 tahun lalu, dan mulai menghasilkan uang dari Google Adsense sejak 2015.

Selain ingin berbagi pengalaman, alasan saya menuliskan postingan ini paling tidak untuk mengurangi dan membantu kawan-kawan yang hingga saat ini masih bingung cara menghasilkan uang dari blog. Sebisa saya membantu dan mengurangi proses yang rumit sewaktu saya terjun di dunia blog dan adsense.

Tanpa berlama-lama, sebelum kita mengawalinya, pastikan dulu bahwa anda adalah seorang blogger yang ingin menghasilkan uang. Karena beberapa blogger tidak berorientasi pada uang, namun sekedar berbagi pengalaman, informasi, menyapa fans,  atau bahkan menjadikan blog sebagai media memori hidup penulis itu sendiri. Nah, jika anda sudah yakin anda adalah seorang blogger yang ingin menghasilkan uang, maka artikel ini sangat bermanfaat anda baca. 

Di bawah ini saya akan terlebih dahulu merangkum beberapa metode yang sering digunakan blogger untuk menghasilkan uang dari blog, walaupun saya sendiri belum melakukan semua metode tersebut. Namun yang jelas semua metode yang saya jabarkan disini sudah terbukti menghasilkan uang.

1. Pasang Iklan
Metode ini adalah metode pertama yang saya lakukan dan paling populer digunakan banyak blogger di dunia, yaitu dengan memasang iklan. Anda dapat menyinkronkan ataupun memonotise iklan  di blog pribadi anda melalui 2 cara;
  • Pertama adalah dengan mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan. Ada banyak program kerjasama periklanan melalui media internet. AdSense (Google) merupakan program yang paling banyak diminati blogger di seluruh dunia. Anda juga dapat menjadi bagian dari mereka dengan mendaftarkan akun google adsense atau klik disini (Cara Mendaftarkan Akun Google Adsense)
  • Kedua adalah dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat atau biasa disebut sebagai Direct Advertising.

2. Endorse
Seringkali ketika kita browsing di instagram artis atau orang yang terkenal kita sering menjumpai kata-kata endorse. Salah satunya juga terdapat pada akun instagram Tas Batam. Misalnya "kak bisa endorse gak?", "kak kalau mau endorse caranya gimana?". Pada awalnya saya juga kebingungan dan tidak mengerti arti kata endorse ini, apakah istilah atau singkatan tertentu.

Dan setelah bertanya kepada "mbah google" akhirnya saya menemukan jawabannya. Pada dasarnya kata endorse berasal dari kata endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setuju terhadap sesuatu. Endorse ini boleh dikatakan mirip paid review.

Sebagai contoh misalnya artis Raisa  menggunakan shampo prikitiew dan mensuport perawatan rambut secara alami. Maka Raisa akan meng-endorse sampo prikitiew. Dengan kata lain Raisa menyetujui dan mendukung penggunaan shampo dengan bahan alami.

Endorse juga dapat diadopsi di blog pribadi anda. Anda dapat mereview produk yang bekerjasama dengan anda dalam bentuk artikel yang sebelumnya telah diubah dari press release. Anda juga dapat menambahkan gambar ataupun video produk yang berkaitan dengan topik artikel yang sedang anda tuliskan saat ini. Atau anda juga dapat langsung mengkaitkannya dalam bentuk banner.

3. Jualan Blog
Metode monetisasi yang selanjutnya adalah dengan menjual blog. Jadi sobat mendapatkan penghasilan dengan membuat blog terus menjual blog tersebut kepada orang lain. Metode ini sengaja saya buat di nomor berikutnya, karena saya termasuk korban dari penjualan blog. :)

Umumnya blogger pemula alias newbie sangat antusias dan masih puber-pubernya pamer blog, bahkan saya menjamin sebagian mereka sangat rajin, ya rajin mengcopas (copy paste) artikel blog orang lain. Artinya di luar sana sangat banyak blogger malas membuat blog dengan artikel yang original. Jika punya uang biasanya mereka lebih memilih untuk membeli blog yang sudah jadi. Kesempatan ini perlu anda coba, dengan menjual blog kepada mereka-mereka. Sebenarnya saya juga termasuk diantaranya orang-orang itu. Haha..

4. Mengikuti program afiliasi
Bagi kawan-kawan yang belum mempunyai produk sendiri untuk dijual atau belum punya keahlian yang bisa dijadikan jasa, mengikuti program afiliasi adalah alternatif lain yang bisa dipilih.

Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut. Untuk mengikuti program afiliasi seperti ini sobat bisa mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi atau bisa juga melalui affiliate network.

5. Jualan jasa sendiri
Metode selanjutnya adalah dengan menjual jasa melalui postingan blog pribadi sendiri. Banyak seniman yang bekerja menjual jasanya melalui blog dengan memposting beberapa hasil karyanya sebagai portofolio bagi mereka yanh ingin menggunakan jasanya. Desainer, penulis, dan fotografer adalah beberapa seniman yang menggunakan blog sebagai media untuk menawarkan jasanya. Jika anda memiliki berbakat di dunia seniman, maka metode ini sangat cocok anda kembangkan.

6. Menyediakan program membership
Program membership adalah metode monetisasi yang sudah terbukti bisa memberikan penghasilan yang lumayan. Di Indonesia metode ini sudah banyak digunakan, namun jujur saya belum pernah menggunakan metode ini. Saya pikir beberapa blog saya belum dapat membuat pembaca merasa ketergantungan untuk mengunjungi blog saya.

Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program dimana anda menyediakan konten premium di blog sobat dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang. Coolpad(dot)com misalnya, blog yang berisi segala macam resep makanan. Beberapa artikel resep yang dianggap penting dijadikan artikel premium dan hanya dapat dilihat ketika mendaftar dan berbayar.

7. Jualan produk sendiri
Menjual produk sendiri merupakan salah satu metode monetiasi blog terbaik yang bisa dilakukan. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri sobat bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain. Anda juga dapat menggandakan penghasilan dengan menggabungkannya dengan menggunakan metode pertama.

Sebenarnya banyak metode lainnya yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Anda juga dapat menuliskan metode  ataupun cara menghasilkan uang yang belum saya tuliskan di kolom komentar. Nantinya, saya akan memperbaharui postingan ini jika metode yang anda kirimkan terbukti menghasilkan dan layak disandingkan di artikel ini. Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat. Sorry tidak ada embel-embel sebagai penutup artikel ini, soalnya jari saya sudah capek menulisnya. Haha..
Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan #salamprofit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...