Jangan Tunda Mimpi Anda (Berwirausaha)! Ini Alasannya.. - Ekonomi dan Bisnis

Jangan Tunda Mimpi Anda (Berwirausaha)! Ini Alasannya..


Sering kita menjumpai seseorang ataupun diri kita sendiri bermimpi menjadi seorang pengusaha. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan, "Saya akan mencoba berwirausaha suatu saat nanti." Tetapi ketika ditanya di lain waktu, orang tersebut masih mengatakan "suatu saat nanti." Alhasil mayoritas dari mereka justru  tidak pernah mewujudkan niatnya tersebut.

Di Indonesia, gengsi menjadi alasan utama  untuk seseorang yang gagal mewujudkan mimpinya, yaitu berwirausaha. Terlebih mahasiswa yang baru saja menamatkan perkuliahannya (wisuda) dari kampus yang ia idam-idamkan sebelumnya. Ya, banyak fakta yang memaparkan bahwa mahasiswa—yang merupakan cikal bakal pemimpin bangsa—mayoritas masih enggan untuk berwirausaha di karenakan latar belakang yang bertolak belakang dengan pendidikan (jurusan) yang ia miliki selama ini. Mahasiswa juga enggan melakukan aktivitas atau kegiatan yang menghasilkan nilai lebih berupa keuntungan dengan berani dan mandiri.

Dilain sisi, kebanyakan dari orang kerap dibayangi oleh kekhawatiran akan risiko ini itu. Pikiran orang bahwa usahanya akan gagal sering kali lebih besar ketimbang keinginannya untuk menjadi pengusaha. Menurut penelitian, kemampuan untuk mengambil risiko untuk berwirausaha, sangat sedikit hubungannya dengan kepribadian seseorang. Mengambil risiko untuk berwirausaha lebih besar hubungannya terhadap bagaimana kemampuan aksebilitas dan bagaimana dia mengenal pengalaman berwirausaha.

Wirausaha adalah pekerjaan yang paling menguntungkan bila dibandingkan dunia kerja lainnya. Kali ini, Admin akan berbagi alasan mengapa anda seharusnya mewujudkan mimpi anda ini (berwirausaha).

  • Wirausaha menjadikan anda seorang Direktur (CEO).
Anda mungkin akan kesulitan menjadi direktur atau posisi yang tinggi jika menjadi PNS. Tetapi jika Anda menjadi pengusaha, Anda akan bisa membangun usaha Anda sendiri dan Anda bisa menjadi direktur usaha tersebut. Anda bisa merekrut karyawan, membuat kebijakan karyawan dan tentunya menggaji karyawan. Tidak hanya itu, Anda bisa memegang kendali penuh atas bisnis atau usaha Anda. Tidak ada lagi birokrasi rumit yang harus Anda patuhi. Terlebih anda dapat bebas memutuskan lama waktu kerja, anda dapat bebas pulang kapan saja. Jika dibandingkan dengan pekerjaan lainnya (katakanlah pewagai di perusahaan A), anda bakal dikaitkan dengan keteraturan rutinitas pekerjaan. Namun hal ini tidak berlaku buat anda yang suka keteraturan. Tentu jadi anda akan merasa enak, jika keteraturan tidak akan ‘menyiksa’ anda.

  • Seorang wirausaha bakal membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain
Apabila bisnis Anda sudah mulai berkembang. Anda bisa membuka lapangan kerja bagi siapa aja. Karyawan yang Anda kerjakan selain membantu mengembangkan usaha Anda, ini juga dapat menciptakan peluang karir untuk orang lain. Secara tidak langsung, Anda juga membantu perekonomian Indonesia dan mendukung revolusi mental yang selalu digadang-gadang Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo.

  • Memiliki pendapatan sendiri.
Membuka usaha atau bisnis sendiri tentunya bisa membantu Anda memiliki pendapatan sendiri. Kalau Anda masih sekolah atau kuliah, Anda dapat membantu orang tua dalam mengeluarkan uang jajan untuk Anda. Sewaktu masih duduk di Sekolah Dasar, di sekolah Admin pernah berjualan kerupuk sambal masakan kakak sendiri. Sebagian pendapatan admin tabung. Jika Anda sudah berkeluarga, mempunyai pendapatan sendiri dari usaha yang bisa semakin naik jika usaha Anda sukses, tentu membantu keuangan keluarga.

  • Waktu untuk keluarga semakin banyak.
Ini adalah yang paling penting sebenarnya. Banyak orang-orang yang resign dari pekerjaannya karena terlalu sibuk menjadi PNS atau menjadi karyawan. Karena tidak punya waktu untuk keluarga atau terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Jika menjadi wirausaha, Anda tidak perlu repot-repot datang kekantor pagi-pagi, selain itu tidak perlu lembur untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Anda dapat mempunyai waktu lebih banyak dan jika Anda sudah berkeluarga Anda dapat mengawasai anak Anda lebih sering.

  • Hobi tersalurkan
Umumnya, orang yang berwirausaha berawal dari hobi, khususnya wanita. Misalnya hobi model, hobi memasak atau bahkan hobi memotret. Ketika usaha berjalan seksama dengan hobi, maka pekerjaan akan lebih ringan karena terasa menyenangkan. Anda pasti ingin kan mempunyai hobi yang menghasilkan keuntungan.

  • Terakhir, seorang Wirausaha ternyata memiliki pendapatan lebih tinggi dari PNS (Pegawai Negeri Sipil).
Ya, faktanya seorang pedagang memiliki pendapatan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan seorang PNS. Sebut saja Ibu Admin sendiri, memiliki 7 anak yang dapat menyekolahkan anaknya sendiri di sekolah yang biaya pendidikannya umumnya tinggi yaitu sekolah swasta Khatolik hingga lulus. Padahal Ibu Admin sendiri adalah pedagang eceran sayur-sayuran.

Selain itu, admin juga pernah mendengar cerita langsung dari seorang pedagang martabak telur yang berjualan di depan sekolah sewaktu masih duduk di tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas). Singkatnya, pedagang pernah bercerita pendapatannya berkisar 5-6 juta/bulannya. Pedagang itu juga dengan bangga menceritakan bahwa ia dapat menyekolahkan anak-anaknya hingga kuliah dan juga dapat membeli barang mewah di rumah. Pedagang itu juga sempat berpesan, bahwa gengsi (dalam artian pemalu) menjadi awal kemiskinan, maka jangan gengsi.

Bagaimana? Apa anda sudah yakin berwirausaha? Jika ya, anda dapat memulainya dengan mengunjungi DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...