Kinerja Komputer/HP Anda Tiba-Tiba Melambat, Mungkin Terkena Cryptojacking - Ekonomi dan Bisnis

Kinerja Komputer/HP Anda Tiba-Tiba Melambat, Mungkin Terkena Cryptojacking

Seiring berkembangnya teknologi mata uang kripto, kemunculan kasus Cryptojacking mulai menjamur. Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak uang kripto yang ditambang melalui trik Cryptojacking. Tetapi tidak diragukan lagi bahwa praktiknya telah merajalela. Praktik Cryptojacking berbasis browser telah berkembang sangat pesat dengan beberapa kasus yang sudah terungkap media.
Cryptojacking
Pada dasarnya, Cryptojacking adalah praktik menggunakan komputer milik orang lain secara ilegal untuk menambang uang kripto. Peretas biasanya melakukan aksi ini dengan mengarahkan korban untuk mengklik tautan berbahaya dalam email atau iklan online ataupun blog yang membahas materi mata uang virtual yang memuat kode penambangan kripto. Pelaku Cryptojacking juga bisa menginfeksi situs web atau iklan online dengan kode JavaScript yang dijalankan secara otomatis, setelah dimuat di Browser korban. Pekerjaan ini sering dilakukan oleh orang-orang yang memiliki minat yang tinggi di dunia crypto. Bahkan anda tidak perlu memiliki pemahaman yang luas di dunia komputer untuk melakukannya.

Selanjutnya, kode penambangan kripto bekerja secara diam-diam di komputer korban, sehingga tidak ada kecurigaan dari korban. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kinerja komputer anda tiba-tiba menjadi lebih lambat.

Lalu, mengapa kasus Cryptojacking terus meningkat?

  • Cryptojacking merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang.

November lalu, Adguard melaporkan tingkat pertumbuhan Cryptojacking di browser mencapai 31%. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa sekitar 33,000 situs web telah menjalankan skrip penambangan kripto. Adguard memperkirakan bahwa situs tersebut memiliki rata-rata satu miliar pengunjung bulanan. Februari ini, Bad Packets menemukan 34,474 situs menjalankan Script Coinhive, penambang JavaScript terpopuler yang juga digunakan untuk aktivitas penambangan kripto yang sah.
"Penambangan kripto masih dalam tahap awal. Ada banyak ruang untuk pertumbuhan dan evolusi," kata Marc Laliberte, analis penyedia solusi keamanan jaringan WatchGuard Technologies. Dia juga mencatat bahwa Coinhive mudah digunakan dan menghasilkan 300 ribu USD dalam bulan pertama. "Pertumbuhannya masih terus meningkat, benar-benar cara mendapatkan uang yang sangat mudah," demikian uangkapnya.
Pada bulan Januari, peneliti menemukan botnet penambangan Smominru, yang menginfeksi lebih dari setengah juta mesin di berbagai negara termasuk Rusia, India, dan Taiwan. Botnet menargetkan server Windows untuk menambang Monero, dan firma Cybersecurity Proofpoint memperkirakan bahwa aktivitas ini telah menghasilkan keuntungan sebanyak 3.6 juta USD pada akhir Januari.
  • Mudah Dipelajari Dan Murah
Cryptojacking tidak memerlukan keterampilan teknis yang sulit dipelajari. Menurut laporan dari Digital Shadows, kit Cryptojacking di web gelap dijual seharga 30 USD atau jika dirupiahkan berkisar Rp 430.000 saja.
  • Memiliki Risiko Yang Kecil
Alasan sederhana mengapa Cryptojacking menjadi lebih populer adalah: kemungkinan untuk mendapat lebih banyak uang dengan risiko kecil. Dengan ransomware, rasio peretas mendapatkan keuntungan adalah 3 dari 100 komputer yang terinfeksi. Sedangkan melalui Cryptojacking, seluruh komputer yang terinfeksi akan bekerja untuk menambang uang kripto.
Risiko tertangkap dan dikenali dalam kasus Cryptojacking juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan ransomware. Kode penambangan kripto berjalan diam-diam dan bisa tersembunyi dalam waktu yang lama. Bahkan setelah ditemukan, sangat sulit untuk melacak kembali ke sumbernya, dan para korban jarang mengusutnya karena tidak ada yang dicuri atau dienkripsi. Karena itu, peretas cenderung lebih memilih uang kripto seperti Monero dan Zcash, daripada Bitcoin yang lebih populer dan lebih mudah dilacak.

Lalu, Bagaimana Mencegah Cryptojacking Agar Kinerja Komputer/HP Anda Tidak Melambat? Klik Disini Halaman Berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...